Interview Japan NHK TV Part 1




Hi Sahabat ELempung...
Kali ini aku akan sharing tentang pengalamanku saat diliput oleh NHK TV, salah satu stasiun tv di Jepang. Nah, saat itu berawal saat aku sedang asyik berkarya di workshop keramik milik Marushi Seito. Ada seorang perempuan yang datang ke workshop. Penampilannya cantik, rapi. sebelumnya aku tidak mempedulikannya, karena yang aku tahu dia mencari Imai Tomokazu san. aku terus asyik dengan tanah liat yang sedang aku mainkan.
Tak lama kemudian Tomo san memanggilku, beliau bilang jika perempuan tadi ingin bertemu denganku. Sebelumnya aku tidak tahu mengapa. tapi aku mendatanginya. dia mengatakan bahwa dia dari salah satu stasiun tv Jepang, NHK. Dia memintaku untuk bersedia diinterview mengenai Cultural Activities yang aku lakukan di Jepang. Awalnya aku tidak yakin kalau memang benar dari stasiun tv Jepang, karena sempat aku pesimis berfikir mana mungkin stasiun tv Jepang tertarik untuk meliputku. Aku tidak tahu mengapa mereka mengambil topik ini, mungkin karena aku direkomendasi langsung oleh senseiku Prof. Chitaru Kawasaki yang memang asli orang Jepang. Dan yang jelas sahabat ELempung, bahwa stasiun tv tersebut tahu kita dari postingan artikel di internet. ini membuktikan bahwa suatu postingan artikel di internet sangat berperan. so, buat sahabat ELempung coba posting pengalaman2 kalian di web atau blog kalian, siapa tahu seberuntung kami.
Dengan bahasa jepangku yang masih kelas abal-abal aku mencoba menjawab satu per satu pertanyaan yang dilontarkan. Dia bertanya kepadaku tentang cultural activities, pengalamanku saat di jepang, planing masa depanku, tentang Pagerjurang (Salah satu desa vokasi Keramik dekatt tempat tinggalku).. pertanyaan dari A-Z. interview berlangsung seru dan lucu.Maklum bahasa Jepangku saat itu masih kelas teri, sempat saling diam memandang satu sama lain. saat aku berubah bicara dg bahasa Inggris, karena saat itu bingung mencari kosa kata dalam bahasa Jepang. Dan kebetulan saat itu tidak ada satu pun orang yang bisa berbahasa Inggris.  Dalam posisi itu aku memeras otak mengeluarkan keahlian b.jepangku, aku harus mengakui bahwa aku belum bisa nerocos berbicara dalam bahasa Jepang seperti DJ di radio jepang yang aku dengarkan setiap hari. Optimis, percaya diri itu yang aku lakukan. aku menjelaskan tentang keramik pagerjurang, tentang program cultural activities ini, tentang pengalamanku saat di Indonesia. interview pertama berlangsung 1 jam. terasa tidak lama. kemudian dia memintaku untuk meluangkan waktu minggu depan, di hari yang sama juga, Jumat. Dia ingin melanjutkan interview part 2.
Sahabat ELempung maaf kali ini aku hanya posting part 1. untuk part 2, 3 coming soon ya, sekedar epilognya :D.

Thanks for reading, SemangART berkarya.

2 comments:

  1. i have one question for mbak linda.
    hehe..
    bagaimana caranya mbak linda belajar bhs. jepang?
    dengan kamus ka? baca" buku bhs jpg? denger" lagu jpg? nonton" film jepang? atau les bhs. jepang?
    hehe..

    ReplyDelete
  2. aku lebih banyak praktek dg sensei, selain itu aku jga mndngarkn rkman bljar b.jpng....kurang lbih bgt dek..

    ReplyDelete

Ads Inside Post