Masakan Jepang


­­­­­­­­­­­­­Yakitori, sate ayam a la Jepang

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Untuk membuat negima (daging paha & daun bawang)
250 g daging ayam (daging paha, dengan kulit masih melekat)
1 batang daun bawang minimal ketebalan 1 cm (bisa digantikan dengan bawang bombay jika tidak ada)
garam secukupnya
minyak sayur secukupnya

Untuk membuat tsukune (bakso ayam cincang)
200 g daging ayam cincang
8 cm (20 g) daun bawang (bisa diganti dengan bawang bombay jika tidak ada)
½ ruas jahe (ukuran sekitar 2 cm)
1/3 sendok teh garam
lada secukupnya
2 sendok teh tepung
1 sendok makan air

Untuk saus olesan
3 sendok makan kecap asin
3 sendok makan gula
1 sendok makan air

Cara Memasak

1.   Campur bahan-bahan untuk saus dalam penggorengan kecil. Didihkan dengan api sedang; kecilkan api dan biarkan mendidih selama 1-2 menit hingga saus mengental. Dinginkan.
2.   Untuk membuat negima, iris daun bawang sepanjang kira-kira 2 cm. Campur dengan sedikit minyak sayur. Potong ayam hingga tebalnya sekitar 1 cm; kemudian potong menjadi bagian selebar 2-3 cm. Tusukkan potongan daun bawang ke dalam tusuk sate, kemudian tambahkan 1 bagian ayam. Ulangi hingga terdapat sekitar 2-3 bagian daun bawang dan sebanyak mungkin bagian ayam pada tiap tusuk sate. Taburi tiap sisi dengan garam.
3.   Untuk membuat tsukune, letakkan ayam cincang dalam mangkok, campur dengan garam dan lada. Lalu tambahkan tepung, campur hingga daging terasa lengket. Kemudian tambahkan air. Berikutnya potong daun bawang dan jahe, dan tambahkan ke dalam campuran. Dibentuk bola-bola berukuran sekitar 2 cm. Didihkan air. Rebus selama sekitar 4-5 menit, kemudian keringkan. Masukkan 3-4 bakso dalam tiap tusuk sate.
4.   Panaskan panggangan berkawat di atas api. Letakkan bahan-bahan yang sudah ditusukkan di atas panggangan berkawat itu. Saat satu sisi sudah matang, balik dan panggang sisi sebaliknya. Ayamnya harus dimasak matang dan bakso ayam harus jadi kuning keemasan. Pindahkan ke atas piring, dan olesi dengan saus.

Sakana no teriyaki (Ikan Teriyaki)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

4 filet daging ikan buri atau jenis ikan lain (300 gram masih dengan kulitnya)
2 paprika hijau ukuran kecil
2 sdt kecap asin
Tepung kentang untuk menepungi ikan, kalau tidak ada, gunakan tepung terigu
Minyak sayur untuk menggoreng

(Saus teriyaki)
2 sdm kecap asin
2 sdm gula
2 sdm air

Cara Memasak

1.   Biarkan kulit ikan. Lumuri daging ikan dengan 2 sendok teh kecap asin; diamkan sekitar 10 menit. Potong paprika menjadi dua bagian secara memanjang. Buang bagian tangkai dan bijinya. Potong-potong lagi memanjang dengan tebal sekitar 2 cm.
2.   Setelah 10 menit, keringkan daging ikan menggunakan tisu dapur atau lap. Tepungi secara asal dengan tepung kentang, goyang-goyangkan untuk menyingkirkan tepung berlebih.
3.   Masukkan sedikit minyak pada penggorengan lalu panggang potongan paprika di atas api kecil sampai lunak. Angkat dan sisihkan.
4.   Masukkan satu sendok makan minyak sayur pada penggorengan lalu letakkan 4 filet daging ikan dengan bagian kulit di bawah. Panggang di atas api sedang. Kalau warnanya sudah berubah, balikkan dan kecilkan api. Tutup penggorengan dan biarkan masak di atas api kecil selama sekitar 3 menit. Sementara itu campur bahan-bahan untuk saus teriyaki.
5.   Angkat tutup penggorengan. Gunakan tisu dapur untuk mengangkat minyak yang ada di penggorengan. Masukkan saus teriyaki ke dalam penggorengan. Masak di atas api sedang dan balikkan ikan agar kedua sisinya terlapisi saus secara merata. Jika sausnya telah mengental, matikan api.
6.   Siapkan empat piring. Tempatkan satu filet pada masing-masing piring, dengan bagian kulit berada di atas. Tuang sisa saus ke atas ikan. Hiasi dengan potongan papr

Roll Kyabetsu (Kol Isi)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

1 buah kol
300 gram daging ayam cincang
½ (100 gram) bawang bombay
3 sdm tepung roti
3 sdm susu atau air
½ sdt garam
Merica sebagai penyedap
1 sdm tepung terigu

(Sup)
1 kubus kaldu
5 gelas (1 liter) air
Garam dan merica sebagai penyedap

Cara Memasak

1.   Potong bagian pangkal kol.
2.   Didihkan air di dalam panci besar untuk merebus kol. Masukkan kol dengan bagian pangkal di bawah hingga terendam di dalam air mendidih. Rebus selama sekitar 2 menit lalu balikkan dan rebus lagi sebentar. Dengan merebusnya, daun bagian luar akan menjadi lunak hingga mudah dilepas. Angkat dan lepaskan helaian satu persatu lalu tiriskan daun kol pada saringan atau wadah berlubang. Biarkan dingin. Gunakan pisau untuk membuang bagian yang keras dari dasar kol.
3.   Cencang halus bawang bombay. Campurkan tepung roti bersama susu.
4.   Tempatkan daging cincang di dalam mangkuk, bumbui dengan garam dan merica. Aduk rata menggunakan tangan, tambahkan cencangan bawang, tepung roti yang telah dicampur susu dan tepung terigu. Bagi menjadi 8 potongan adonan.
5.   Satu persatu, bentangkan daun kol yang lebar di atas talenan lalu lapisi dengan daun kol yang lebih kecil di atasnya. Tempatkan satu adonan isi di atas daun yang lebih kecil tadi lalu bungkus mulai dari bagian bawah daun dan lipat masing-masing sisinya. Gulung kol isi tadi dengan daun yang lebih besar, lipat masing-masing sisinya. Gulung sampai bagian ujung.
6.   Letakkan kol isi di bagian dasar panci yang cukup besar. Masukkan lima gelas air, tambahkan kubus kaldu, didihkan di atas api sedang. Setelah mendidih, kecilkan api. Tutup panci lalu biarkan masak selama 30 menit. Kalau daunnya sudah lunak, bumbui dengan garam dan merica. Sajikan.

No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post